+43 (1) 346 999 90 09
Paradoks di pasar minyak
Published on 22.03.2017 14:00

Sudah pada tahun 2015, ketika kutipan minyak mencapai rekor terendah, Arab Saudi dan anggota OPEC yang lain menegaskan bahwa minyak berharga lebih dari $25–35 per barel memuaskan bagi mereka, karena yang lebih penting itu menguasai pasar dengan menggantikan serpih minyak yang diproduksi di Amerika Serikat.

Jadi, tahap kedua: perjanjian OPEK tentang pengurangan volume produksi minyak ditandatangani, yang menurut mereka harus mengembalikan harga ke atas tanda $60 per barel. Itulah inkonsistensi pertama. Yang kedua - perusahaan minyak AS tidak menandatangani perjanjian tentang pengurangan volume produksi minyak. Demikian, pada saat itu, ketika negara penghasil minyak terbesar di dunia mengurangi volume produksi minyak, AS meningkatkan produksi «emas hitam». Penting dicatat bahwa investasi modal pada perminyakan AS dapat meningkat lebih dari 50% pada tahun 2017 dengan tingkat pertumbuhan abnormal volume minyak.

Demikian, situasi jadi seperti itu: pada saat penurunan kuat harga minyak, OPEC siap untuk memproduksi dan menjual minyak bahkan dengan harga pasar lebih rendah dari $30/35 per barel. Di samping itu, sejajar perusahaan penghasil minyal AS bangkrut, sementara yang lain secara tajam mengurangi volume produksi. Jadi, situasi seperti ini: kenaikan harga minyak yang didampingi dengan pengaturan volume produksi oleh negara-negara OPEC dan sejajar negara-negara penghasil minyal terbesar yang lain, sedangkan di AS bisnis penghasil minyak mulai mengembang dan secara signifikan memperluaskan kegiatannya.

Di samping itu, penting dicatat bahwa aktivitas perusahaan penghasil minyak di AS sudah mempengaruhi secara signifikan harga «emas hitam». Akibatnya, tanpa regulasi produksi minyak AS, kenaikan harga minyak bisa sangat lemah. Saya masih tidak mengecualikan pun penurunan jangka pendek kutipan minyak WTI sampai $43.5–44.0.


Roman Shevcenko

Analis

Hanya investor yang tidak sabar mendapat investasi yang paling jelek
Pemberitahuan penting
Dengan mengklik "Lanjutkan", Anda akan diarahkan kembali ke situs web yang dioperasikan oleh FIBO Group Holdings Limited, perusahaan yang terdaftar di Siprus dan diatur oleh CySEC. Klik "Batal" untuk tetap ada di halaman ini.