Frequently Asked Questions

Klien

  • Uang beredar: M1, M2 dan M3 mencakup apa?

    Fed Reserve Bank AS setiap Kamis pukul 16.30 menurut waktu AS Utara menerbitkan data yang  mengkarakterisasikan ratio agregat M1, M2 dan M3. Agregat ini termasuk dana dan saham keuangan  yang mendefinisikan istilah «uang beredar». Istilah ini termasuk tunai (kertas dan koin), sisa uang di akun bank, dana likuiditas, jumlah di sistem pembayaran elektronik.

    Masing-masing kategori M menetapkan arti tertentu. Para ahli mempertimbangkan likuiditas uang, jenis dan ukuran akun dimana alat keuangan berada. Di masing-masing negara sistem penilaian uang memiliki ciri nasional.

    Di Inggris Raya ahli menganalis uang termasuk dalam kategori M4, yaitu uang tunai yang beredar, jumlah rekening deposito di perusahaan komersial dan bank, kewajiban keuangan kepada pemerintah. Di Rusia penilaian uang beredar dilakukan dengan menggunakan kriterium M0 yang menentukan uang tunai.

    Kategori M1 - akun uang tunai dan likuiditas tinggi

    M1 mengukur jumlah dana termasuk uang kertas, koin, akun saat ini dan deposit sampai kebutuhannya, akun kartu dan kartu debit. Ciri khasnya adalah kemungkinan untuk secara cepat bergerak ke uang tunai yang menyebabkan likuiditas tinggi M1 yang menentukan uang sebagai alat tukar. Hal ini menyebabkan penampilan ATM dimana bisa menarik uang dengan bantuan kartu debit. Oleh karena itu uang tunai di akun termasuk dalam M1.

    Oleh karena itu M1 yang digunakan untuk mengklasifikasikan jumlah total uang yang beredar. Namun dana yang disebut uang kuasi tidak termasuk M1. Uang kuasi adalah saham likuiditas tinggi yang dapat digunakan untuk membayar beberapa hutang dan jasa. Contoh uang kuasi adalah tagihan canggih, cek, kewajiban melalui sistem pembayaran elektronik.

    Penyetoran, deposit, uang kuasi - alat keuangan M2

    M2 mengandung banyak dana termasuk uang kuasi, dana di akun dan вклад mendesak. Perbedaan di antara kategori M2 dan M1 adalah likuiditas M2 yang lebih rendah. Mereka juga dapat diubah menjadi uang beredar, tapi tidak begitu cepat, oleh karena itu menutupi ongkos pembuatannya terkadang lebih susah.

    Oleh karena itu M2 termasuk lebih banyak cara berbagai klasifikasi - salah satu dari variasi M2 adalah uang yang ditranfer dari penyetoran dengan bunga tertentu pada rekening. Pengklasifikasi M1 dan M2 di antara mereka berhubungan dekat: transfer di antara akun dan penarikan uang lanjut secara otomatis menubah kategori dari M2 ke M1.

    Saham dan dana - M3 dana?

    Untuk menilai tingkat investasi dan kehadiran tabungan, pedagang menggunakan klasifikasi M3. M3 mengandung saham likuiditas, deposit penyetoran dengan jangka panjang, dana pasar uang. Mereka mempunyai tingkat terendah likuiditas dibandingkan dengan kategori lain, karena dana kategori M3 tidak termasuk dalam uang beredar tukar. Indikator ini menunjukkan kesempatan potensi negara dan jumlah saham deposit milik pengusaha.

    Penilaian analisis gerakan uang beredar

    Data tentang perubahan agregat keuangan, selain laporan Fed, diterbitkan oleh kantor berita mendeka Bloomberg dan Thomas Reuters. Berdasarkan dinamika uang beredar pada kategori, pemodal dan bank terkemuka menubah kegiatannya, menyesuaikan tingkat inflasi dan deflasi. Untuk hal itu uang beredar yang digunakan oleh penduduk wilayah atau negara bertambah atau berkurang secara manual.

    Perubahan uang beredar mempengaruhi harga, siklus bisnis dan inflasi mata uang nasional. Semakin banyak uang beredar dalam perputaran, semakin rendah tingkat suku bunga. Skenario ini menyebabkan pertumbuhan investasi, peningkatan pendapatan konsumen yang, menurut undang-undang hubungan timbal-balik,  mendorong permintaan dan daya beli penduduk.

    Dengan pertumbuhan agregat M3 perusahaan meningkat tingkat proses produksi, permintaan pada karyawan menubah secara dramatis yang mengakibatkan peningkatan ketenagakerjaan penduduk yang mampu bekerja. Berfokus pada dinamika uang beredar, dapat menyimpulkan arah politik apa menentukan kegiatan bank sentral negara dan memprakirakan kegiatannya lebih lanjut dalam perdagangan antar bank.

Pemberitahuan penting
Dengan mengklik "Lanjutkan", Anda akan diarahkan kembali ke situs web yang dioperasikan oleh FIBO Group Holdings Limited, perusahaan yang terdaftar di Siprus dan diatur oleh CySEC. Silakan lihat Perjanjian Pelanggan dengan mengunjungi tautan ini. Klik "Batal" untuk tetap ada di halaman ini.