+43 (1) 346 999 90 09
Frequently Asked Questions

Pemula

  • Transaksi perdagangan berjangka emas dan perak

    Sudah pernah membeli emas dari Antam? Pasti anda telah mengetahui untuk membeli emas antam tidaklah sulit, cukup datang ke gerai yang menawarkan emas antam, lakukan transaksi, kemudian akan mendapatkan emas yang disertai dengan sertifikatnya.

    Tapi tahukah anda bahwa transaksi emas dan perak dapat juga dilakukan pada pasar perdagangan berjangka? Pada pasar perdagangan berjangka, pembeli tidak perlu memegang fisik dari emas dan seluruh transaksi dilakukan secara online dan tercatat pada pasar perdagangan berjangka. Sama seperti jika memiliki rekening BCA, seluruh uang yang dimiliki akan tersimpan di bank.

    Kelebihan transaksi emas dan perak pada pasar perdagangan berjangka

    Jika membeli emas secara fisik, maka pasti pembeli kemudian akan langsung memikirkan di mana dapat menyimpan emas ini. Kadangkala ada yang meletakkan di rumah dan dilindungi dengan memasukkannya pada brankas. Atau ada yang menguburnya dalam tanah. Saya teringat sebuah lelucon yang dilontarkan oleh para presenter ahli investasi, beli emas, kubur di tanah, 10-20 tahun kemudian karena pergeseran tanah sewaktu tetangga menggali mereka menemukan emas tersebut.

    Lelucon tersebut tidaklah salah, karena tanah bergeser walaupun tidak seekstrim lelucon tersebut. Pada akhirnya inti dari permasalahan yang timbul adalah pembeli emas akan kesulitan untuk menyimpan emasnya karena ada risiko kehilangan dan ketakutan serangan dari pencuri. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah menyewa safe deposit box di bank yang memerlukan biaya tidak murah, terutama jika ternyata emas yang dibeli masih dalam jumlah kecil.

    Maka dari itu pasar berjangka merupakan satu pilihan yang menarik karena, pembeli tidak perlu khawatir dengan media penyimpanan emas. Seluruh transaksi tersebut akan tercatat di bursa berjangka dalam bentuk kontrak elektronik dan pembeli hanya perlu membayarkan biaya yang sangat kecil untuk menjaga kontrak tetap terbuka.

    Hal-hal yang perlu diketahui mengenai pasar berjangka

    Pada artikel lain, sudah dibahas mengenai pasar berjangka. Untuk mengetahui apa itu pasar berjangka, pembaca dapat mengklik link berikut

    Faktor risiko

    Perlu dipahami, pasar berjangka melibatkan marjin dan juga leverage yang berarti tidak diperlukan sejumlah uang sesuai dengan harga barangnya untuk melakukan pembelian. Jika trader hanya memiliki 1/10 dari dana yang dibutuhkan untuk membeli fisik emas, maka dapat membeli kontrak pada pasar berjangka, akan tetapi jika terjadi penurunan harga yang sangat signifikan maka bisa saja kontrak tersebut akan ditutup dan menyebabkan trader mengalami kerugian total dari 1/10 dana tersebut. Untuk menghindari risiko tersebut, disarankan trader memiliki dana yang cukup sebelum melakukan transaksi pembelian.

    Perusahaan perdagangan berjangka yang tergulasi

    Trader wajib untuk memastikan bahwa perusahaan yang menawarkan kontrak berjangka adalah perusahaan yang tergulasi baik secara nasional maupun internasional. Pada pasar domestik Indonesia badan yang mengawasi regulasi pasar berjangka adalah BAPPEBTI atau badan pengawas perdagangan berjangka komoditi. Setiap kontrak yang diperjualbelikan dapat di cek keberadaannya pada BAPPEBTI untuk menghindari transaksi dengan perusahaan abal-abal.

    Untuk regulasi pasar internasional, trader dapat mengecek keberadaannya pada masing-masing Negara, di Amerika Serikat ada NFA (National Futures Association), di pasar UK ada FCA (Financial Conduct Authority).

    Dengan bertransaksi melalui perusahaan yang teregulasi maka trader dapat terhindar dari penipuan.

    Bagaimana cara melakukan transaksi perdagangan berjangka emas dan perak?

    Setelah trader melakukan pendaftaran pada broker atau perusahaan yang teregulasi, maka trader akan diarahkan untuk melakukan download software yang disediakan, umumnya software yang digunakan adalah berbasis meta trader.

    Pada link berikut trader dapat membaca langkah-langkah cara menggunakan meta trader 4

    Hal yang perlu diketahui untuk transaksi kontrak futures adalah:

    • Waktu perdagangan – jam perdagangan futures berlangsung antara hari Senin hingga hari Jumat dan dimulai pada pukul 22.00 waktu GMT sampai pukul 21.00 GMT dan aka nada jeda sepanjang 1 jam antara jam 21.00 – 22.00 sebelum pasar buka kembali.
    • Jangka waktu dari kontrak – tidak ada jangka waktu dari kontrak emas dan perak. Hal ini disebabkan karena auto-rollover yang berfungsi pada continuous contract. Jika anda membaca berita terkadang pembaca berita akan membacakan gold contract delivery February, hal ini berarti sang pembawa berita sedang mengatakan kontrak gold yang akan diselesaikan pada bulan February. Untuk melihat list lengkap kontrak gold dapat mengklik link berikut
    • Simbol quote pada broker – Umumnya simbol dari kontrak memiliki kode XAU untuk emas dan XAG untuk perak.
    • Transaksi dua arah – Istilah jual kosong berlaku pada pasar futures sama seperti pada pasar saham. Trader tidak hanya dapat mengambil keuntungan dari pergerakan naik, trader juga dapat memanfaatkan pergerakan turun dengan menjual kontrak terlebih dahulu dan membeli kemudian.
    • Nilai dari standard lot – nilai 1 cent pergerakan pada 1 standard lot emas akan bernilai $10, misal pergerakan dari $1,100 ke $1,101 akan memberikan trader keuntungan sebesar $1,000 dengan 1 standard lot. Untuk perak nilai 1 cent pada 1 standard lot adalah lebih besar yaitu $50.

    Catatan akhir:

    Jika trader ingin melakukan perdagangan berjangka emas dan perak pada broker lokal yang berada di pasar Indonesia, maka minimum deposit yang diperlukan adalah $500 untuk saat ini dan ini dikategorikan sebagai akun mini. Dengan nilai deposit yang minim maka akun akan mudah mengalami margin call.

    Pilihan broker internasional mungkin saat ini masih merupakan salah satu alternatif, namun dengan berkembangnya ekonomi Indonesia dengan tingkat pertumbuhan yang tinggi, di masa depan kemungkinan jumlah akun yang lebih kecil akan terakomodasi. Sama seperti akun trading saham yang dahulu 1 lotnya adalah untuk 500 lembar saham, saat ini 1 lotnya hanya untuk 100 lembar saham dan lebih terjangkau untuk trader ritel yang memiliki dana pas-pas an.

Pemberitahuan penting
Dengan mengklik "Lanjutkan", Anda akan diarahkan kembali ke situs web yang dioperasikan oleh FIBO Group Holdings Limited, perusahaan yang terdaftar di Siprus dan diatur oleh CySEC. Silakan lihat Perjanjian Pelanggan dengan mengunjungi tautan ini. Klik "Batal" untuk tetap ada di halaman ini.