Frequently Asked Questions

Tips

  • Tentang broker CFD dan tips

    Apa itu CFD?

    CFD atau contract for difference adalah sebuah instrument derivatif yang digunakan untuk bertransaksi pada sebuah instrument keuangan tanpa perlu membeli instrument utamanya. Dari definisi ini mungkin agak membingungkan jika tanpa disertai dengan contoh.

    Pada kasus CFD misalkan anda melihat sebuah saham perusahaan misalnya McDonald terlihat akan naik, namun modal yang anda miliki sangatlah minim dan tidak cukup untuk membeli sahamnya. Dengan CFD anda hanya perlu modal 1/10 atau lebih rendah untuk memiliki posisi yang seakan anda memiliki saham McDonald itu.

    Broker CFD

    Broker CFD adalah broker di mana anda dapat melakukan transaksi pembelian kontrak CFD itu, umumnya broker-broker yang menawarkan produk keuangan seperti forex juga menawarkan CFD ini, bahkan juga tersedia kontrak untuk transaksi futures. Namun perlu diperhatikan, janganlah memilih broker CFD, karena salah pilih bisa-bisa menyebabkan keadaan buntung walaupun trading anda telah berhasil.

    Tips-tips dalam melakukan trading CFD

    1. Ketika anda memilih broker CFD, pastikan broker CFD tersebut teregulasi oleh badan keuangan yang resmi. Misalkan di UK, badan regulasi yang membawahi transaksi CFD adalah FSA (Financial Services Authority).
    2. Bandingkan data feed yang disediakan oleh broker dengan data feed stock exchange yang resmi jika anda melakukan trading CFD pada instrument pasar saham misalkan Amerika. Untuk mengecek saham McDonald, anda dapat mengakses kode saham itu MCD pada bursa saham NYSE (New York Stock Exchange). Perbedaan yang mencolok dari data feed menandakan ada permasalahan yang serius karena analisa anda dapat tidak berarti jika broker memainkan harga, sementara pergerakan harga yang resmi adalah sesuai dengan yang tertera di bursa saham yang sudah dikenal.
    3. Lakukan pengecekan instrument keuangan yang disediakan oleh broker. Broker yang cukup besar memiliki variasi pilihan instrument yang banyak sehingga anda tidak akan kehabisan pilihan ketika ingin melakukan trading.
    4. Untuk saham, analisa laporan keuangan tidaklah perlu repot-repot anda lakukan lagi, dengan mencari di internet, anda dapat menemukan banyak sekali perusahaan yang menyediakan analisa dan juga laporan keuangan yang di rilis oleh perusahaan. Hal ini disebabkan oleh peraturan keterbukaan informasi di bursa saham.
    5. Milikilah jurnal trading, dengan jurnal trading akan membantu anda dalam mempersempit tujuan trading dan juga masalah banyaknya instrument yang dapat ditradingkan. Jurnal trading juga membantu mengatasi masalah emosi yang umumnya timbul ketika melakukan trading. Dengan jurnal trading anda dapat mengetahui kapan keadaan terbaik anda untuk melakukan trading, dan juga sistem yang paling berhasil yang dapat digunakan.

    Dilema dari broker CFD

    Instrumen mata uang ini tidaklah cocok untuk para trader baru. Sejak penerbitan fasilitas trading CFD, instrument ini telah menuai banyak kontroversi.

    Sebagai contoh, jika anda ingin melakukan trading saham di pasar NYSE maka anda akan membuka akun di broker yang teregulasi, dan umumnya seluruh trader hanya diberikan leverage maksimal 1:2 dengan anggapan bahwa leverage itu tidak membahayakan bagi modal yang disetor oleh trader. Sedangkan jika anda melakukan trading di broker CFD, maka leverage yang diberikan bisa di atas 1:10 dan bahkan 1:100, bagi trader pemula yang tidak paham resiko maka kemungkinan untuk terkena margin call sangatlah tinggi.

    Ada cara penanggulangan untuk masalah leverage ini, yaitu: janganlah gunakan seluruh leverage yang disediakan, misalkan anda ingin membeli saham McDonald, pastikan anda menyediakan modal minimal ½ dari dana yang dibutuhkan untuk membuka posisi, dengan demikian risiko anda sama seperti ketika membeli sahamnya secara langsung.

    Penutup

    Banyak yang berhasil menjadi kaya dalam melakukan CFD trading, akan tetapi banyak juga yang sudah bertahun-tahun trading belum juga berhasil. Yang diperlukan untuk berhasil adalah keinginan untuk belajar dan disiplin dalam menerapkan apa yang sudah dipelajari. Jika anda ingin memulai CFD trading, disarankan untuk mempelajari terlebih dahulu seluk beluk siapa saja yang terlibat di dalamnya dan mekanisme cara melakukan trading & analisa.

Pemberitahuan penting
Dengan mengklik "Lanjutkan", Anda akan diarahkan kembali ke situs web yang dioperasikan oleh FIBO Group Holdings Limited, perusahaan yang terdaftar di Siprus dan diatur oleh CySEC. Silakan lihat Perjanjian Pelanggan dengan mengunjungi tautan ini. Klik "Batal" untuk tetap ada di halaman ini.