+43 (1) 346 999 90 09
Frequently Asked Questions

Analisa

  • Indeks Harga Produsen (IHP) - indikator makroekonomi terpenting tingkat inflasi di negara

    Pengaruh Indeks Harga Produsen (IHP) pada tingkat inflasi negara dan USD. Komponen yang paling penting indeks tersebut, perhitungannya dan publikasi resmi.

    Teks artikel:

    Indeks Harga Produsen (IHP) adalah Indikator makroekonomi terpenting yang membiarkan untuk memprakirakan inflasi di negara. Indeks ini juga disebut «indikator harga  borongan».  Indeks ini melacak tren biaya produksi produsen dalam negeri dan mencerminkan fluktuasi harga pada kelompok komoditi dasar.

    Indikator Indeks Harga Produsen dikelompokkan menjadi 2:

    1. Biaya masuk (biaya bahan baku dan komponen);
    2. Biaya keluaran (biaya utama produksi komoditi jadi, termasuk biaya tenaga kerja).

    Komoditi memperhitungkan dan menganalisis sesuai dengan kriteria berikut:

    1. 40% - komoditi konsumen dan mobil;
    2. 23% - produk makanan;
    3. 14% - bensin, bahan bakar dan sumber daya energi lainnya.

    Sisanya 23% - itu produk lainnya dan peralatan. Data diperhitungkan dan diterbitkan di banyak negara. Di AS setiap bulan indeks ditempatkan di situs resmi oleh Biro statistik tenaga kerja AS.  Terbitan dilalukan pada hari ke-14 bulan ini pada 8:30 pagi WST. Publikasi ini mencerminkan nilai indeks untuk atas sebelumnya. Untuk analis pasar sangat penting bahwa keluaran indeks IHP secara signifikan mendahului terbitan indeks harga konsumen. Hal ini memungkinkan untuk memprakirakan tingkat inflasi. Di samping itu para ahli memperhatikan inti indeks yang tidak termasuk harga komoditi energi dan bahan makanan. Strategi ini memungkinkan untuk melakukan penilaian dan prediksi yang lebih akurat.

    Indeks Harga Produsen (IHP) berbeda secara signifikan dari indeks harga konsumen yang tidak termasuk biaya layanan dan harga impor. Oleh karena itu, indeks ini merupakan lebih dapat diandalkan dengan menggambarkan inflasi.

    Cara perhitungan indeks tersebut = (harga total periode ini dibagi nilai mirip periode sebelumnya)-1 dari hasilnya diperoleh. Dengan demikian, indeks IHP dalam persentase bisa positif atau negatif dan menunjukkan peningkatan atau penurunan ekonomi inflasi. Nilai indeks tumbuh menunjukkan pertumbuhan inflasi mungkin dan kebutuhan mendesak untuk mengambil langkah-langkah negara dalam bidang kebijakan ekonomi.

    Indeks memdampak pasar keuangan dan secara langsung mempengaruhi kurs mata uang nasional: semakin indikator meningkatkan semakin kurs devisa menumbuh sementara semakin indikator menurun semakin kurs devisa munurun. Untuk pasar surat-surat berharga peningkatan indikator IHP menyebabkan penurunan yang signifikan harga saham dan obligasi.

    Indeks Harga Produsen (IHP) sangat penting untuk penilaian keadaan ekonomi negara. Analis sering mengaitkan pertumbuhan indikator dengan biaya inflasi yang secara negatif mempengaruhi perekonomian dan menyebabkan penurunan tingkat kehidupan dan masalah yang signifikan ekonomi dan sosial masyarakat. 

Pemberitahuan penting
Dengan mengklik "Lanjutkan", Anda akan diarahkan kembali ke situs web yang dioperasikan oleh FIBO Group Holdings Limited, perusahaan yang terdaftar di Siprus dan diatur oleh CySEC. Silakan lihat Perjanjian Pelanggan dengan mengunjungi tautan ini. Klik "Batal" untuk tetap ada di halaman ini.